Diberdayakan oleh Blogger.

Rapat KaderYandu


posted by Unknown on ,

No comments

Ibu dan Anak
Dipimpin oleh Ibu Eli selaku Ketua KaderYandu Desa Bendungan, rapat dilaksananakan di halaman Posyandu Kenanga 1 Bendungan. Tim KKNM yang menghadiri rapat tersebut diwakili oleh enam mahasiswi setelah mengikuti senam aerobik bersama kaum Ibu desa Bendungan pada hari Minggu tanggal 20 Januari 2013.

Penjelasan dari pemimpin rapat antara lain seputar program rutin posyandu Bendungan, terdapat lima program utama Posyandu yaitu : KIA, KB, Imunisasi, Gizi dan Pencegahan Diare. Selain itu, ada juga program tambahan lainnya yang pernah dilaksanakan oleh KaderYandu, antara lain : Penimbangan bayi setiap bulan, pemberantasan jentik nyamuk, penyuluhan tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), pencegahan penyakit Vilariasis serta pemberian vitamin A setiap satu tahun dua kali kepada warga Desa Bendungan.





Keluhan dari para KaderYandu saat itu diungkapkan bahwa tidak adanya lahan untuk membangun Posyandu. Pada beberapa dusun seperti Dusun Gardu selama ini melakukan program Posyandu di teras rumah Kepala Dusun karena dana sehat dari Pemerintah Desa maupun Kecamatan tidak berjalan lancar.

Di penghujung rapat, kami diajarkan sebuah lagu yang berjudul “Balada Kader Posyandu” yang memiliki lirik seperti berikut ini :



Oh beginilah nasib kader yandu

Diuber-uber dan diburu-buru

Tapi biar, tidak apa

Asal rakyat bahagia

Moal rek menta buruhan

Nolak ge piraku

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...