Diberdayakan oleh Blogger.

Belajar Bersama SDN Bendungan


posted by Unknown on

No comments


Siswa/i SDN Bendungan

Kegiatan mengajar menjadi salah satu program kerja kami selama Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Bendungan , Kecamatan Pagaden Barat , Kabupaten Subang. Hanya ada dua sekolah dasar negeri di desa ini, yaitu SDN Bendungan yang terletak di Dusun Bendungan, dan SDN Gardu Mukti yang terletak di Dusun Gardu.
Kelompok KKN kami yang berjumlah 20 orang terbagi menjadi dua kelompok, yang masing-masing berisi 10 orang dan masing-masing kelompok memegang satu sekolah.

SDN Bendungan

SDN Bendungan terletak tidak jauh dari rumah kami tinggal saat KKN ini, sekitar 5 menit bila berjalan kaki. SDN Bendungan memiliki 6 ruang kelas, 1 ruang guru, 1 ruang koperasi dan perpustakaan, 3 kamar mandi, 1 kantin dan lapangan yang biasa digunakan untuk upacara dan berolahraga seperti Voli dan sepakbola. 




 



Hari pertama kami berkenalan dengan kepala sekolah SD Bendungan dan beberapa guru, staff, dan semua murid dari kelas 1 sampai kelas 6.


Upacara Bendera
Perkenalan di Depan Kelas

Keseokan harinya kami mulai mengajar, kegiatan ini rutin kami lakukan selama seminggu. Kami dibagi menjadi 5 grup kecil, yang berisi masing-masing 2 orang dan mengajar tiap kelasnya kecuali kelas 1. Kami mengajar sesuai mata pelajaran saat itu dan sesuai kurikulum yang berlaku di SDN Bendungan. Serta 2 orang dari rekan kami mengajar bahasa jepang, di kelas 3, 4 dan 5 namun diluar jam sekolah. Hal ini dilakukan karena permintaan para siswa yang ingin belajar bahasa Jepang. Tentu kami merespon dengan baik antusiasme semacam ini.

Matematika

Duh, Pusing Kak!
Pada umumnya anak murid SD Bendungan cerdas, terbukti dari piagam dan piala mereka yang dipajang rapi di ruang guru, saat adanya lomba antar SD se-kecamatan juga SDN Bendungan mendapat juara umum. Sehingga kami juga tidak mengalami kesulitan dalam mengajar. Hanya terkadang kelas 6 kelasnya sangat gaduh, anak – anaknya yang susah diatur, dan beberapa ada yang berlaku kurang sopan. Mereka juga kurang menguasi materi – materi yang ada yang seharusnya mereka sudah paham, mengingat sebentar lagi akan ada Ujian Akhir Nasional. 


Pola KBM Melingkar



Bermain Musik


Di SDN Bendungan tenaga pengajar terbilang sangat minim, meskipun setiap kelasnya sudah memiliki masing-masing wali kelas, namun sebatas itu saja jumlah tenaga pengajar di sekolah tersebut, sehingga jika salah satu pengajar tidak bisa hadir maka kelaspun kosong, karena tidak ada pengajar tambahan yang bisa menggantikan dan satu pengajar yang akan mengajar seluruh mata pelajaran di kelas tersebut, tidak ada klasifikasi khusus untuk setiap mata pelajarannya. 

Keceriaan Pagi
Salam-Salam
Jam Istirahat



Secara keseluruhan kami senang sekali mendapatkan kesempatan mengajar, dapat berbagi sedikit ilmu yang kami miliki ke siswa siswi SD yang ada di Desa bendungan. Banyak pelajaran yang dapat kami ambil. Banyak karakter pula yang dapat kami pelajari, serta bagaimana cara mengatasinya.

-Tim Pengajar SDN Bendungan


Tim Pengajar SDN Bendungan









Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...