Diberdayakan oleh Blogger.

Penyuluhan Kesehatan


posted by Unknown on

No comments

Kesibukan di Meja Registrasi
      Pada hari Rabu tanggal 31 Januari 2013, Program Penyuluhan Kesehatan dari Dosen Pembimbing Lapangan tim KKNM Desa Bendungan diselenggarakan. Mahasiswa dan Dosen berintegrasi untuk dapat memberikan ilmu dan praktik bagaimana menciptakan hidup sehat terkait penyakit Diabetes yang berpotensi terjangkit di lingkungan Desa Bendungan. 





     Kami bersiap-siap lebih awal dari hari biasanya karena pada hari itu akan dilaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan oleh DPL desa Bendungan. Pada malam hari sebelumnya kami telah melakukan rapat koordinasi baik dengan desa Mekarwangi maupun intern di KKNM Desa Bendungan. Pada rapat tersebut dibagikan tugas dan tanggung jawab mengenai keperluan acara hari H sehingga semua panitia telah siap di tempatnya masing-masing. 

     Berdasarkan hasil rapat diputuskan bahwa keberangkatan ke lokasi acara dibagi dua yaitu panitia yang berkaitan dengan logistik dan panitia yang berkaitan dengan acara. Panitia logistik ditugaskan berangkat lebih awal karena perlu mempersiapkan lokasi yang sebelumnya dipakai untuk rapat desa. Di rumah, panitia acara menyiapkan keperluan acara seperti games dan hadiah games.

 

Pembukaan Oleh Koordinator Desa; Malda Ashril
     Seluruh panitia sudah berkumpul di lokasi penyuluhan pada pukul 11.00 WIB. Setelah rapat desa selesai panitia secara gotong royong mulai membersihkan dan menata layout ruangan penyuluhan. Acara diperkirakan mulai pukul 13.00 WIB, akan tetapi mengalami keterlambatan karena kader dan pembicara terlambat tiba di lokasi acara.

 

Suasana Penyuluhan
     Setelah semua kader berkumpul dan mengisi daftar hadir, MC acara penyuluhan kemudian secara resmi membuka acara pada pukul 13.45 WIB dengan diawali sambutan dari perwakilan aparat Desa Bendungan dan ketua pelaksana penyuluhan kegiatan penyuluhan. Dikarenakan pembicara masih belum hadir di lokasi acara, maka untuk mencairkan suasana MC dibantu oleh ibu Elly melakukan tepuk kader dan menyanyikan Balada KaderYandu. Selain itu MC juga melakukan tanya jawab dengan kader mengenai suka duka dan pengalaman selama menjadi kader kesehatan di desa Bendungan. Kader-kader cukup antusias dalam menjawab pertanyaan dari MC.


     Penyuluhan dipandu oleh seorang moderator. Penyuluhan segera dimulai setelah pembicara untuk sesi satu yaitu Ibu Imas sudah hadir di lokasi acara. Sesi pertama membahas mengenai Serangan Diabetes pada Kaki. Sempat terdapat permasalahan pada projector yang dibawa oleh pembicara. Akan tetapi masalah tersebut tidak mengganggu jalannya acara dan kader tetap bersemangat mengikuti acara. 

Nursiswanti (DPL desa Bendungan)

     Pembicara sesi dua yaitu Ibu Nursiswati selaku Dosen Pembibing Lapangan KKN kami segera memasuki lokasi penyuluhan sesaat setelah pembicara sesi satu menutup pembicaraannya. Sesi kedua membahas mengenai bagaimana pencegahan penyakit Diabetes. Kader terlihat sedikit lelah akan tetapi masih semangat bertanya pada pembicara. Setelah pembicara sesi dua selesai acar dilanjutkan dengan games untuk mencairkan suasana. 

Kader Mencoba Mengukur Tekanan Darah
Pemateri Menjelaskan Penggunaan Alat
Mahasiswa KKN; Azhar Rijal (kanan), Kader (kiri), Pemateri (belakang)
     Setelah istirahar solat Ashar acara dilanjutkan dengan penyuluhan sesi tiga. Pada sesi tiga ini kader diberikan pengetahuan untuk mengukur tekanan darah dan kadar diabetes. Kader terlihat sangat antusias menerima pengetahuan baru. Selanjutnya dilaksanakan post test mengenai hasil dari penyuluhan tersebut. Post test tersebut juga berhadiah alat pengukur tekanan darah yang akan diberikan pada kader dengan skor tertinggi. 


Games


Kegembiraan Saat Games


Akhirnya sampailah pada puncak acara yaitu pembagian hadiah games untuk para pemenang games. Acara ini tak dapat terselenggara dengan baik tanpa kerja sama dari seluruh panitia. Semoga penyuluhan ini dapat menjadi sarana untuk para kader menimba ilmu pengetahuan untuk diamalkan demi kebaikan dan kesehatan di desa Bendungan. 


Tim KKNM Desa Bendungan Seusai Acara

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...